TENTANG RADHITE


Halo...
         Perkenalkan namaku Muhammad Radhite Nor Rizki, biasa dipanggil Radit atau Dite. Aku berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun sekarang aku berdomisili di DKI Jakarta karena panggilan tugas negara sebagai ASN di salah satu unit eselon satu Kementerian Keuangan RI. Aku adalah pria kelahiran Banjarmasin tahun 1998, tahun yang sarat dengan krisis multidimensi sekaligus menjadi momentum reformasi dalam sejarah panjang perjalanan negara kita.

(
(Aku ketika masih berstatus mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN)
Source : Dok.Pribadi
                                                                                       
           Masa awal pendidikan formalku dimulai dari bangku TK Pertiwi Kertak Hanyar (2003-2004), MIN/Madrasah Ibtidayah Negeri Kertak Hanyar II (2005-2010), MTSN/Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banjarmasin (2011-2013), MAN/Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin (2014-2016), dan Politeknik Keuangan Negara STAN (2016-2017).

      Ketertarikanku pada dunia ekonomi dimulai sejak zaman SMA ketika aku memilih jurusan IPS dan masuk dalam sebuah klub ekonomi yang dibimbing langsung oleh salah satu guruku yang  luar biasa, nama beliau adalah Bapak Abdul Rasyid. Puncaknya ketika beliau turut mengantarkanku menjadi juara kedua atau runner up dalam sebuah olimpiade ekonomi tingkat nasional di Palembang tahun 2015 silam. Sejak saat itu aku sering bertukar pikiran dengan beliau mengenai berbagai macam teori pemikiran ekonomi, mengamati kebijakan ekonomi pemerintah pada saat itu, dan sering juga duduk bersama untuk diskusi soal pasar modal Indonesia, khususnya pasar saham. Saat itu beliau sudah aktif berinvestasi di instrumen saham dan sering membagikan ilmu dan pengalamannya kepadaku. Aku tentu masih ingat, pembahasan soal IHSG, arah ekonomi Indonesia, dan membaca beberapa indikator makro ekonomi nasional sudah menjadi makanan sehari-hari kami pada saat itu.

      Melalui pengalaman hebat yang pernah aku lalui bersama beliau pada masa SMA tersebut dan di posisiku sekarang yang alhamdulillah sudah menjadi salah satu investor saham milenial di Indonesia, ditambah semangat untuk turut membumikan dunia investasi di pasar modal yang sering mendapat stigma negatif dari masyarakat, aku berpikir kenapa tidak aku tulis saja sebuah catatan kecil mengenai seluk beluk dunia investasi pasar modal dan ekonomi di sebuah blog ?

        Maka inspirasi itu pun datang melalui lahirnya blog sederhana ini dengan harapan bisa menjadi media bagiku untuk membagikan tulisan atau catatan kecil seputar dunia investasi pasar modal dan ekonomi. (Sebenarnya, blog ini sudah aku buat sejak masa SMA guna memenuhi tugas mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi pada saat itu namun setelahnya aku lupa bahwa telah mempunyai blog dan otomatis tidak ada sama sekali tulisan apapun di sini, alias kosong melompong).

     Agar topik yang aku bahas dalam blog ini tidak melebar, maka aku putuskan untuk berfokus pada segala pembahasan yang terkait instrumen saham dan makro ekonomi saja, karena kalo kita bahas dunia pasar modal itu sendiri secara komprehensif, itu akan banyak sekali dan membuat tulisan dalam blog ini menjadi tidak fokus.

     Seperti yang pernah dikatakan Pramoedya Ananta Toer, "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah, menulis adalah bekerja untuk keabadian"

   Semoga ke depannya aku bisa rajin menulis dan membagikan catatan atau tulisan sederhana terkait dunia investasi di instrumen saham dan makro ekonomi melalui blog ini.


Jakarta, 27 April 2020 06:37 AM



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer